Jumat, 25 Maret 2011

Dari Dapur : PEMPEK PALEMBANG made in SIDOARJO


BAHAN

0.5 kg daging ikan tengiri segar yang sudah dihaluskan
150 gr tepung kanji atau tapioka
2,5 sendok makan tepung terigu
5 siung bawang putih dihaluskan
10 sendok makan air es
garam secukupnya


BAHAN CUKO

1 liter air rebusan pempek
300 gram gula merah atau lebih sesuai selera
5 siung bawang putih
cabe secukupnya
asam jawa matang sekepal
3 sendok makan cuka
2 sendok makan ebi haluskan,..kalau ada
garam secukupnya
tongcai kalo ada


BAHAN TAMBAHAN


timun diiris kotak kotak
mi kuning basah




CARA MEMBUATNYA
  1. Campurkan daging ikan, air, bawang putih dan garam, kalau sudah tercampur rata masukkan  sedikit demi sedikit tepung kanji da terigu,..uleni sampai kalis,..adonan siap dibentuk.
  2. Siapkan panci rebusan yang sudah diisi air kira2 2 liter,..didihkan,..kalau sudah mendidih masukkan adonan yang sudah di bentuk  ( lenjer, kapal selam atau adaan ), tunggu sampai mengambang angkat tiriskan dan dinginkan.
  3. Buat kuah cukonya,..caranya ambil air rebusan pempek kurang lebih 1 liter atau lebih sesuai selera. Rebus asam jawa dan gula merah,..tunggu sampai mendidih dan semuanya tercampur rata,...angkat dan saring.
  4. Setelah di saring naikkan lagi ke atas kompor,..tambahkan bawang putih, garam, cuka ebi halus,..cicipi sampai rasanya pas asin manis dan asamnya.
  5. Cara penyajian, pempek digoreng atau begitu saja setelah direbus,.atau kalo mau dibikin lenggang tinggal dipotong2 dimasukkan ke dalam telur yg sudah dikocok  kemudian didadar,...jangan lupa tambahkan timun dan mi kuning,..siram kuah cuko nya,..pempek siap dihidangkan.


Selamat Mencoba,....

1 komentar: