Selasa, 01 Maret 2011

TEMANI GARAM,.GULA JUGA JADI PEMICU DARAH TINGGI,....


London, Selama ini garam dianggap paling banyak memicu hipertensi atau tekanan darah tinggi. Gula hampir tidak pernah jadi kambing hitam, padahal penelitian membuktikan bahwa makanan manis juga bisa meningkatkan tekanan darah seperti halnya garam. 

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan pembuluh darah. Seseorang dengan tekanan darah 135/85 mmHg punya risiko 2 kali lebih besar mengalami stroke dan serangan jantung dibandingkan orang sehat dengan tekanan darah 120/80 mmHg. 

"Sudah banyak yang tahu bahwa garam bisa meningkatkan tekanan darah. Namun penelitian kami menunjukkan gula juga bisa memicu hipertensi, sama seperti garam," ungkap Paul Elliott dari Imperial College London, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (1/3/2011). 

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Hypertension ini melibatkan 2.696 orang berusia 40-59 tahun di Inggris dan Amerika Serikat. Selama 3 pekan, peneliti mengamati pola makan dan melakukan pemeriksaan gula darah, tekanan darah dan komposisi urine para relawan. 

Hasil analisis menunjukkan konsumsi gula yang berlebihan dalam sehari bisa meningkatkan tekanan sitolik sebesar 1,6 mmHg dan tekanan diastolik sebesar 0,8 mmHg. Tekanan sistolik diukur ketika jantung memompa darah, sedangkan sistolik diukur saat jeda pemompaan. 

Para peneliti mengaku belum dapat menjelaskan secara pasti hubungan antara gula dan hipertensi, namun yang jelas pengaruhnya lebih besar jika konsumsi gula yang berlebihan itu disertai juga dengan konsumsi garam. Dengan kata lain, gula bisa memperburuk hipertensi yang dipicu oleh kelebihan garam. 

Seperti pernah ditulis detikHealth, konsumsi gula yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah sekitar90 gram/hari atau tidak lebih dari setengah cangkir. Lebih dari 100 gram/hari, konsumsi gula dikatakan berlebihan dan bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

sumber :
http://health.detik.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar